Info Medical Sehat

Jumat, 30 September 2016

WASPADAI PERUT BUNCIT ANDA


KENALI PERUT BUNCIT ANDA





Perut buncit menjadi salah satu penyebab hilangnya rasa kepercayaan diri seseorang, tapi semudah itukah mengatasi masalah perut buncit?

Perut buncit dalam dunia medis biasa disebut juga dengan obesitas perut atau obesitas sentral. Faktor penyebab perut buncit adalah terjadinya tumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terbagi menjadi dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang posisinya berada di bawah kulit. Lemak yang satu ini bisa dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral posisinya di sekitar organ dalam dari tubuh sehingga tak nampak. Lemak viseral inilah yang sering dikaitkan dengan kondisi obesitas di perut. Lemak viseral sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit lain, lemak viseral tidak mudah untuk dihilangkan.

Penyebab perut menjadi buncit?

Seperti obesitas pada tubuh kita, perut buncit timbul dikarenakan  asupan makanan yang melebihi energi yang dibutuhkan untuk aktifitas fisik kita. Jika Anda makan terlalu banyak dan kurang olahraga, maka yang terjadi adalah penimbunan lemak pada tubuh, termasuk juga lemak di perut.
Sejarah obesitas pada keluarga, kebiasaan buruk merokok, dan stress tinggi juga ikut andil terhadap terjadinya perut buncit. Usia yang sudah tidak muda lagi dan tidak seimbangannya hormon pada wanita menopause juga memudahkan terjadinya nya perut buncit.

Seperti apakah perut buncit yang berbahaya?

Hasil gambar untuk PERUT BUNCIT

Ukurlah lingkar pinggang Anda maka Anda akan mengetahui apakah Anda memiliki obesitas perut atau tidak. Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda. Posisi meteran harus sejajar antara ujung tulang panggul dan pusar.

Seorang pria dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkar pinggang lebih dari 90 cm, sedangkan pada wanita adalah lebih dari 80 cm.

Akibat yang Ditimbulkan oleh Penumpukan Lemak Pada Perut

Untuk Anda yang mempunyai perut buncit karena terlau banyak tibunan lemak, anda harus lebih waspada, karena ada beberapa risiko yang dapat mengganggu kesehatan anda.
Lemak viseral yaitu tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral di dalam tubuh dapat mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.
Senyawa peradangan dengan kata sitokin. Senyawa ini dapat mengakibatkan peradangan ringan didalam tubuh yang berakibat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral yaitu asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk ke dalam hati lalu kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol jahat dan menurunnya jumlah produksi kolesterol baik. Itulah alasan perut buncit dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kolesterol tinggi. Tak hanya itu, asam lemak bebas juga menjadi penyebab insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, dan meningkatkan risiko diabetes.

Tak hanya itu saja, lemak pada perut buncit juga dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, stroke, serta serangan jantung. Ini semua karena lemak yang ada pada perut buncit dapat memicu terjadinya perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Hasil gambar untuk PERUT BUNCIT

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lemak viseral yaitu lemak yang banyak mengambil peran pada timbulnya perut buncit. Beda hal dengan lemak subkutan yang posisinya dekat dengan kulit, lemak ini berada di sekitar organ dalam, sehingga tidak mudah untuk dihilangkan.

Anda dapat mengencangkan otot-otot perut Anda dengan sit-up atau gerakan-gerakan lain, tetapi jika hanya melakukan latihan-latihan itu tidak akan menghilangkan perut buncit secara signifikan. Mengecilkan perut yang buncit bisa Anda lakukan dengan menggunakan strategi antara diet dan olahraga yang difungsikan guna mengurangi berat badan dan mengurangi lemak tubuh secara total. Sampai saat ini intervensi yang khusus dapat mengurangi lemak viseral belum ada yang terbukti efektif.

Meskipun mengecilkan perut buncit bukan hal yang  mudah untuk di lakukan, Anda tetap harus terus berusaha mengatasi perut buncit. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi perut buncit.

·  Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Bukan hanya tidak baik bagi kesehatan, minuman yang mengandung alkohol juga dapat mengakibatkan perut Anda menjadi buncit.

·  Jauhi stress karena juga bisa memicu perut buncit. Jika Anda memiliki masalah, cobalah  untuk meditasi, relaksasi, dan berbicaralah dengan orang yang dekat dengan Anda.

·  Waktu tidur yang cukup juga bisa membantu mengurangi lemak pada perut. Lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang jika tidur paling tidak 6 sampai 7 jam.

·  Memperhatikan makanan yang akan dimakan dan jumlah kalorinya. Untuk meminimalisir lemak pada perut, Anda perlu mengurangi jumlah kalori didalam tubuh. Jumlah konsumsi kalori paling tidak dikurangi 500 hingga 1000 kalori per hari dari total kebutuhan. mengurangi karbohidrat yang dapat di mulai dengan mengonsumsi banyak sayuran, buah, susu rendah lemak, produk biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

-Memperbanyak aktivitas fisik. ­Kurangnya aktivitas fisik akan membuat Anda kesulitan dalam mengecilkan perut buncit. Biasakan berolahraga, dengan melakukan latihan ketahanan dan cardio. Jika sudah tidak dapat  melakukan aktivitas olahraga yang berat, cobalah untuk rutin berjalan kaki atau yoga.
Mengecilkan perut yang buncit memang bukanlah sesuatu yang sepele, tapi tidak lantas Anda berhenti untuk berusaha mengurangi lemak di dalam tubuh Anda. Mulailah dari sekarang untuk membiasakan hidup sehat dengan tetap menjaga konsumsi makanan Anda, menrubah gaya hidup, dan rajin berolahraga.

WASPADAI PERUT BUNCIT ANDA. Dengan waspada anda telah mencegah penyakit dan menjaga kesehatan anda. 

0 komentar:

Posting Komentar