Info Medical Sehat

Jumat, 30 September 2016

MENGATASI RASA MUAL SAAT GOSOK GIGI



MUAL SAAT GOSOK GIGI



 Anda sering merasakan mual dan ingin muntah saat anda menggosok gigi anda di pagi hari? Atau bersendawa seperti orang yang sedang masuk angin? Berikut adalah hal-hal yang menjadi penyebab masalah itu bisa terjadi, mungkin dari beberapa faktor ini termasuk salah satu yang anda alami. Tetapi anda tidak perlu khawatir lagi, beberapa cara ini dapat membantu anda mengatasi masalah-masalah tersebut.


1.Tenggorokan yang anda miliki tergolong tenggorokan yang sensitif.
Bagian tenggorokan belakang anda mengalami kontraksi yang dapat menghentikan obyek masuk ke tenggorokan, kecuali waktu anda akan menelan secara normal.


2. Menggosok gigi terlalu kencang
 Menggosok gigi terlalu kencang dapat menyebabkan bagian dalam tenggorokan tertekan. Hal ini dapat mempengaruhi anda secara psikologis. Apabila anda pernah muntah atau mual karena gosok gigi, anda akan terpengaruh pikiran negatif setiap kali anda akan menggosok gigi di pagi hari. Anda khawatir itu akan terjadi lagi. Semakin besar pikiran negatif anda semakin mudah pula akan membuat kekhawatiran anda menjadi kenyataan.


3. Penyakit maag dan kelainan saluran pencernaan
Untuk para penderita penyakit maag atau kelainan pada saluran pencernaan sangat rentan akan rasa mual saat menggosok gigi di pagi hari. Sesekali perlu anda perhatikan, saat anda meludah busa pasta gigi apakah ada cairan bening kekuningan? Jika iya, berarti penyebabnya adalah penyakit maag.


4. Selain perihal diatas, ibu-ibu hamil pun sering merasakan mual saat gosok gigi di pagi hari, hal ini wajar-wajar saja karena merupakan bagian dari Morning Sickness.



Lalu, adakah solusi untuk mengatasi rasa mual saat menggosok gigi di pagi hari? Berikut adalah tips nya..


1. Bernafaslah menggunakan mulut saat anda menggosok gigi.
 Tarik nafas dalam-dalam saat anda  merasa mual atau ingin muntah, dan jangan tahan nafas anda, berkonsentrasilah bernafas dengan satu cara, karena hal itu hanya akan memperparah keadaan.


2. Jangan buka mulut anda terlalu lebar dan kaku.
 Lemaskan otot mulut juga tenggorokan anda. Jika memungkinkan, gosok gigi anda secara perlahan tanpa membuka mulut dan jika asam lambung anda naik, buanglah dulu busa pasta gigi anda.


3. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam.
 sikatlah gigi anda perlahan, karena di khawatirkan tanpa sengaja tangan anda bisa menyodok terlalu keras.


4. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih lembut.
 atau ganti pasta gigi anda dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Anda dapat menggunakan  pasta gigi dengan rasa yang anda suka.


5. Bagi para pemilik tenggorokan sensitif, karena sering nya rasa mual yang anda rasakan sehingga anda harus menghentikan menggosok gigi sebelum selesai , gunakanlah obat kumur untuk membantu membersihkan mulut, gusi, sela gigi, serta lidah, atau anda juga bisa menggunakan  dental yarn untuk menyapu lidah anda. Gunakan yarn sepanjang biasanya, lalu sapukan ke lidah anda dari arah dalam ke luar.
 
6. Untuk anda yang khawatir mual atau muntah itu akan terulang lagi, buanglah jauh pikiran itu dan jangan anda biarkan pikiran negatif tersebut mengganggu anda. Pikirkanlah hal yang lain sehingga anda tidak lagi tergangu dengan pikiran rasa mual dan muntah.



Demikianlah cara MENGATASI RASA MUAL SAAT GOSOK GIGI

0 komentar:

Posting Komentar